Jagung Pipil Untuk Pakan Ternak

 

jagung pipil untuk pakan ternak

Jagung (Zea mays L) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber makanan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari biji dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena, dan bahan baku industri (dari tepung biji dan tepung tongkolnya. Tongkol jagung kaya akan gula pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

Jagung pada mulanya digunakan sebagai pangan pokok di beberapa Negara sebagai sumber karbohidrat. Namun seiring berkembangnya industri unggas pada awal 1970an, maka maka jagung mulai dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk pakan unggas modern. Permintaan jagung untuk pakan terus meningkat sejalan dengan berkembangnya industri pakan unggas. Saat ini sebagian besar produksi jagung digunakan untuk pakan dan volume penggunaanya untuk pangan cenderung menurun.

Jagung merupakan bahan baku pakan ternak dan ikan/udang, bahan baku jenis ini digunakan sebagai bahan baku pakan sumber energi, karena kadar proteinnya rendah ( 8.9%) bahkan desifisiensi terhadap asam amino penting terutama lysine dan triptofan. Dalam buku Profil Bahan Pakan Impor keluaran Dirjennak disebutkan bahwa Jagung merupakan sumber energi utama pakan, terutama untuk ternak monogastrik seperti ayam, itik, dan babi karena kandungan energi yang dinyatakan sebagai energi termetabolis (ME), relatif tinggi di banding bahan pakan lainnya. Dalam ransum unggas baik ayam broiler maupun ayam petelur, jagung menyumbang lebih dari separuh energi yang dibutuhkan ayam. Tingginya kandungan energi jagung berkaitan dengan tingginya kandungan pati (>60%) biji jagung. Disamping itu jagung mempunyai kandungan serat kasar yang relatif rendah sehingga cocok untuk pakan ayam. Kadar protein jagung 8,5% jauh lebih rendah kebutuhan ayam broiler yang mencapai (>22%) dan ayam petelur (>17%), tetapi pertimbangan pengunaan jagung sebagai pakan adalah untuk energi. Jagung juga mengandung 3,5% lemak, terutama terdapat di bagian lembaga biji. Kadar asam lemak linoleat dalam jagung sangat tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan ayam, terutama ayam petelur. Sedangkan kandungan Ca dan P yang relatif rendah, salin itu jagung juga mengandung lisin dan metionin yang relatif rendah di banding gandum dan dedak.

Adapun kandungan gizi yang terkandung dalam jagung adalah sebagai berikut:

Nutrisi                         Kuantitas

Bahan kering               75 – 90 %

Serat kasar                   2,0 %

Protein kasar               8,9 %

Lemak kasar                3,5 %

Energi gross                3918 Kkal/kg

Niacin                          6,3 mg/kg

Calsium                       0,02 %

Fosfor                          3000 IU/kg

Vitamin A                   –

Asam Pentotenat         3,9 mg/kg

Riboflavin                   1,3mg/kg

Tiamin                         3,6 mg/kg

Kami dengan senang hati menawarkan jagung pipil untuk pakan ternak kepada anda untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak yang anda pelihara. Kami melayani pembelian dengan jumlah besar maupun kecil dengan minimal order 300 Kg. Selain jagung pipil tersedia juga jagung giling. Minat? Silahkan order!

3 gagasan untuk “Jagung Pipil Untuk Pakan Ternak

  • 12 Mei 2017 pukul 09:19
    Permalink

    Please let me know if you have 14% corn

    Balas
  • 21 Oktober 2017 pukul 06:40
    Permalink

    Siang Pak,,, perkenalkan saya Sofyan, saya bekerja di salah satu ternak terbesar di jawa barat,,, dan saat ini perusahaan kami sedang banyak membutuhkan jagung pipil kering untuk campuran pakan ternak kami,,, kalo bapak berkenan silahkan email saya,,, untuk harga kami fleksibel, mengikuti harga pasar yang sedang berlaku,, terimaksih,, mohon segera balasannya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *