Kalkulator Pakan Unggas Petelur

Kali ini kita akan membahas mengenai jumlah pakan yang tepat untuk unggas petelur yang anda pelihara seperti itik, ayam buras, dan puyuh. Tentu dengan bantuan alat penghitung. Tapi sebelum itu ada baiknya kita pahami dulu apa saja fungsi pakan bagi unggas petelur.

Pakan yang dicerna oleh unggas petelur digunakan untuk sejumlah proses dalam tubuh. Pakan ini memiliki dua fungsi penting bagi ternak. Fungsi pertama adalah fungsi  esensial (maintenan) diantaranya metabolisme tubuh, memelihara panas tubuh, serta mengganti dan memperbarui sel-sel tubuh dan jaringan. Fungsi kedua adalah untuk kebutuhan produksi seperti pertumbuhan, penggemukan, atau produksi telur.

Lantas berapa sih kebutuhan pakan unggas petelur  perhari?

Kebutuhan pakan unggas petelur per ekor berdasarkan jenis yang dipelihara bisa lihat table berikut:

No Jenis Unggas Kebutuhan pakan / hari
1 Itik 150 Gram
2 Ayam Buras 120 Gram
3 Puyuh 20 Gram

Menghitung kebutuhan pakan berdasarkan jumlah ternak yang dipelihara

Sebenarnya kita bisa langsung menghitung jumlah kebutuhan pakan berdasarkan table di atas. Nah, untuk memudahkan anda, kami sudah membuat satu program kalkulator yang dapat menghitung dengan cepat dan hanya tinggal masukan saja jumlah ekor yang dipelihara dan hasilnya pun keluar. Selain itu, ada juga fungsi untuk menghitung biaya pakan per hari dan per minggu.

Penasaran? Mari praktek

Tampilan awal kalkulator penghitung kebutuhan pakan unggas ini pada tampilan Excel. Untuk memulai menghitung klik saja kotak biru. Misalnya kita kan menghitung kebutuhan pakan perhari. Klik tombol biru bertuliskan Hitung Pakan per Hari, maka akan muncul tampilan berikut;

Untuk menghitung tinggal masukan jumlah ternak yang anda pelihara pada kolom Jumlah Ternak. Misalnya saya memelihara 500 ekor itik petelur, maka akan keluar hasil berpa pakan yang harus saya berikan per hari kepada itik yang dipelihara.

Ternyata dari perhitungan di atas, kebutuhan pakan untuk 500 ekor itik petelur adalah 75 Kg per hari. Nah tinggal dibagi saja berpaa kali itik di kasih makan, misalnya dua kali sehari, maka pakan yang diberikan pagi hari sebanyak 40 kg dan sore hari 35 Kg atau tergantung kebiasaan anda dalam memberikan pakan.

Menghitung Biaya Pakan

Untuk menghitung biaya pakan yang harus di keluarkan per hari. Kita bisa menghitungnya. Kalau kita masih di halaman perhitungan kebutuhan pakan per hari, tinggal klik tanda panah bertuliskan Biaya, jangan home (ini untuk kembali ke halaman awal). Setelah di klik akan muncul tampilan berikut:

Untuk menghitung biaya kita harus memasukan jumlah ternak yang dipelihara di kolom Jumlah Ternak dan harga pakan yang digunakan di kolom Harga Pakan  / Hari. Sebagai contoh saya memiliki 500 ekor itik petelur dan harga pakan untuk ternak itik per kilonya sebesar Rp. 4000. Maka saya tinggal masukan 500 di kolom Jumlah Ternak dan 4000 di Kolom Harga Pakan / Hari. Setelah dimasukkan maka akan keluar  hasilnya seperti berikut;

Nah dari hasil perhitungan di atas untuk jumlah itik sebanyak 500 ekor dengan baiya pakan per kg sebesar Rp. 4000 didapati hasil Rp. 300,000 biaya pakan per hari dan Rp. 2,100,000 biaya pakan per minggu.

Demikianlah cara penggunakan kalkulator pakan unggas petelur ini. Anda bisa mendownloadnya di Kalkulator Pakan Unggas Petelur.docx.

Oh iya, jika butuh pakan itik bisa lihat di http://nusfeed.id/2016/01/27/jual-pakan-itik-petelur/ . kami juga menjual berbagai macam bahan pakan ternak lainnya. Katalog dan daftar harga pakannya bisa download di http://nusfeed.id/download

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *