Survey Ketersediaan Bahan pakan untuk yang mau buat pengolahan pakan sendiri

Bagi anda yang mau buat usaha pengolahan pakan sendiri, maka anda butuh bahan baku pakan. Untuk mendapatkan bahan baku pakan anda perlu survey ketersediaan bahan baku pakan agar, kebutuhan bahan pakan anda dapat terpenuhi.

Baik sebelum kita membahas teknik survey bahan baku pakan, kita bicara dulu apa itu bahan pakan. Bahan pakan adalah bahan-bahan hasil pertanian, perikanan, peternakan atau bahan lainnya yang layak dipergunakan sebagai pakan, baik yang sudah diolah maupun belum. Nah bahan pakan ini ada dua jenis yaitu  bahan pakan konvensional dan bahan pakan subtitusi. Bahan pakan konvensional adalah bahan pakan yang sering digunakan dalam pakan yang mempunyai kandungan nustrisi yang cukup dan disukai oleh ternak. Bahan pakan konvensional misalnya jagung kuning, bungkil kedelai (SBM), pollard, tepung ikan, dedak padi, corn gluten meal (CGM), dan lainnya. Sedangkan bahan pakan subtitusi adalah bahan pakan yang berasal dari bahan yang belum banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakan, tetapi dari kandungan nutrisinya masih memadai diolah menjadi pakan. Contoh bahan baku pakan subtitusi misanya bungkil inti sawit, lumpur sawit, daging tetelan (sisa fleshing), kulit biji kakao, kulit biji kopi, dan lain-lain.

Survei Ketersediaan bahan paku pakan

  1. Gunakan produk lokal.

Gunakan produk lokal yang ada disekitar anda terlebih dahulu. Penggunaan bahan baku lokal merupakan arah pembangunan pabrik pakan skala kecil di pedesaan. Hal ini dilakukan agar diperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Dapat menyerap hasil pertanian local, terutama bahan baku pakan utama yaitu; jagung, dedak, dan tepung ikan. Selain itu juga, bahan pakan subtitusi/aletrnatif seperti ampas tahu, ampas kecap, ampas kelapa, limbah kulit udang, daun talas, bungkil inti sawit dan lainnya.
  • Mendorong perekonomian perdesaan, dengan digunakannya bahan baku pakan lokal akan meningkatkan permintaan bahan baku pakan yang dapat diproduksi secara kontinyu karena ada kepastian pasar.
  • Mendorong pemanfaatan lahan pertanian menjadi lahan produkti karena adanya permintan hasil pertanian dan kepastian pasar.
  1. Searching di Internet

Jika kebutuhan bahan baku pakan yang anda perlukan belum tercukupi oleh potensi di wilayah anda, anda dapat mencari kebutuhan bahan baku pakan di lokasi lain. Saat ini dengan adanya internet anda dapat mencari informasi penyedia atau supplier bahan baku pakan. Misalnya ke situs nusfeed yang menyediakan bahan baku pakan unggas, ruminansia, dan akuatik.

Oh iya, silahkan baca juga artikel Tata cara penyimpanan Bahan Baku Pakan Ternak Unggas  untuk memantu proses pengadaan bahan baku pakan ditempat anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat