Tujuan Penggunaan dan Syarat-syarat bahan pakan

Sebelum melakukan formulasi pakan dan mengolah bahan pakan menjadi pakan jadi, perlu dipahami terlebih dahulu informasi yang berkaitan dengan tujuan penggunaan bahan pakan.  Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai tujuan penggunaan bahan pakan dan syarat-syarat bahan pakan.

  • Tujuan penggunaan bahan pakan

Apa sih tujuan penggunaan bahan pakan?   jadi tujuan penggunaan bahan pakan dimaksudkan agar hasil penyusunan formulasi pakan harus terkomposisi atau terbuat dari bahan yang mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap.  kandungan nutrisi itu meliputi; protein, lemak, serat kasar, mineral, Energi yang diperlukan dan lainnya sebelum produksi pakan dilakukan agar memperoleh hasil yang maksimal.

Secara umum ada 6 tujuan penggunaan bahan pakan,  yaitu

  1.  Laju pertumbuhan  karkas atau daging
  2.  Lajur produksi telur
  3.  Ketahanan terhadap penyakit
  4.  Ketahanan terhadap kondisi lingkungan
  5.  Palatabilitas
  6.  Tingkat   kecernaan yang baik

 

  1. Syarat-syarat bahan pakan

Sebelum mengolah pakan dalam jumlah yang besar,  perlu perhatikan informasi tentang keberadaan bahan pakan.  pakan yang digunakan harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  1.  Mengandung nilai nutrisi yang tinggi
  2.  Mudah diperoleh
  3.  Mudah diolah
  4.  Tidak mengandung racun nutrisi
  5.  Harga murah dan terjangkau
  6.  Butirannya halus atau bisa dihaluskan

Nah buat teman-teman yang lagi mencari bahan baku pakan,  Kebetulan kami di Nusfeed menyediakan berbagai bahan baku pakan ternak yang bisa dijadikan pilihan.  untuk informasi produknya bisa lihat di link produk Pakan kami. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat